Bisnis Hemat Modal yang Cocok di Tahun 2018

Apa saja bisnis yang cocok di tahun 2018 ini? Kali ini saya share tentang bisnis yang cocok di tahun ini. Bukan hanya cocok, tapi juga hemat modal.

trend bisnis 2018 bisnis masa kini jualan online


Setiap orang yang hendak mendirikan bisnis pasti memikirkan berapa dan bagaimana mendapatkan modalnya di awal-awal. Hal itu wajar. Karena setiap bisnis impian pasti butuh modal. Baik modal materi ataupun nonmateri. Untuk mengeluarkan modal tentu harus dengan perhitungan yang matang. Jangan sampai salah. Kalau salah, bisnis tidak berjalan optimal dan malah membuat rugi.

Memulai suatu bisnis pun juga tidak harus berawal dengan modal yang besar. Teknologi informasi sudah canggih. Dengan ponsel di genggaman tangan saja, kamu sebetulnya sudah bisa memulai bisnis. Perkembangan teknologi sudah saatnya dimanfaatkan untuk berbisnis. Apalagi kalau kamu adalah generasi milenial yang mendambakan kerja-kerja yang fleksibel. Kamu bisa jualan online dan melakukan cara dapat uang dari internet. Tentu memulai bisnis menjadi pilihan yang tepat.

Sebagai generasi masa kini, sudah tentu sangat sulit bagimu untuk memiliki modal awal yang besar. Jadi kalau kamu berminat memulai usaha, pakai lah cara-cara yang hemat dan praktis memulai bisnis. Kalau masih berpikir skill belum punya, kamu harus tahu bahwa di era sekarang ini keterampilan umum yang mungkin dianggap remeh pun bisa menghasilkan. Berikut ini saya mau share bisnis yang cocok di tahun 2018 ini.

1. Ojek Online

Ojek online lagi happening sekarang ini. Citra tukang ojek pun tidak dipandang sebelah mata lagi karena memang cukup menjanjikan hasil yang lumayan. Bahkan ada yang sampai bertemu jodohnya saat sedang ngojek online.

Posisi tukang ojek online di sini adalah sebagai mitra usaha. Tentunya jam kerja memang tidak terikat dengan perusahaan. Jadi mitra ojek bisa bekerja lebih fleksibel.

Untuk keterampilan, tentunya kamu harus sudah lancar mengendarai sepeda motor atau mobil. Ya, setidaknya kalau motor sudah lancar kan? Terus modalnya adalah sepeda motor dan gadget. Sepeda motor sudah pasti untuk antar jemput penumpang atau barang.

Sementara, gadget untuk mengoperasikan sistem reservasi ojek yang disediakan perusahaan penyedianya. Mungkin kamu sudah memiliki dua benda itu. Tinggal kamunya yang action jemput rejeki.

2. Subagen Travel

Kegiatan traveling juga lagi trend nih. Apalagi trend konsumsi masyarakat, khususnya anak muda sekarang lebih cenderung suka jalan-jalan atau traveling. Nah hal itu jadi peluang yang potensial untuk memulai usaha di bidang bisnis tiket dan travel.

Paket-paket wisata dan tawaran harga tiket pesawat dan kereta murah bisa kamu tawarkan. Jual tiket pesawat dan kereta atau paket travel bisa dengan jualan online. Untuk menjalankan bisnis tiket dan travel ini, kamu bisa mendaftarkan diri sebagai subagen travel dulu.

Kenapa subagen travel dan bukannya agen travelnya sendiri? Karena syaratnya lebih mudah dan murah. Kamu tinggal kunjungi website agen travel penyedia keagenan dan sistem reservasi online terpercaya. Lalu, daftarkan dirimu secara gratis.

Setelah itu kamu bisa akses sistem reservasinya. Di situ, kamu bisa beli tiket dengan harga agen. Dan tentunya, bisa kamu jual ke target pasarmu dengan tawaran persenan komisi yang menggiurkan. Sistemnya praktis digunakan. Kalaupun ada yang ingin ditanyakan seputar reservasi tiket, kamu bisa menghubungi tim ask help desk yang siap melayani 24 jam 7 hari.

3. Reseller, Affiliate Marketer, atau Dropshipper

Kadang ada produsen yang hanya mampu memproduksi barang, bukan memasarkannya. Entah itu karena mereka tidak punya skill jualan atau tidak ada waktu. Kalau memasarkan pun mungkin cakupan pasarnya masih sempit.

Dari situlah produsen-produsen mulai butuh pelaku marketing, baik sebagai reseller, affiliate marketer, atau dropshipper. Ketiganya jelas berbeda tapi mirip. Intinya, mereka lah yang fokus melakukan pemasaran dengan jualan online. Peran-peran salah satunya tentu bisa kamu lakukan.

Kalau kamu aktif searching peluang usaha, ada kok beberapa produsen yang membuka registrasi bagi reseller, dropshipper, atau affiliate. Untuk beberapa perusahaan sebetulnya juga meyiapkan materi-materi tentang tips bisnis online. Baik berupa e-book, video, atau webinar. Tentunya bisa kamu pelajari kemudian "amalkan".

Selain pakai registrasi, Tapi bisa juga kamu yang aktif “jemput bola”. Kalau kamu merasa siap jadi affiliate, kamu bisa menawarkan jasamu ke beberapa produsen yang potensial menurut perhitunganmu.

Tapi dari ketiganya, Dropshipper lah yang modalnya murah. Dengan mengandalkan gadget dan koneksi internet plus skill menawarkan produk secara online, kamu bisa memasarkan produk orang lain. Dan kamu pun dapat bagian dari hasil penjualan.

4. Jasa tulis blog

Pemasaran online sedang gencar dilakukan oleh banyak pelaku bisnis masa kini. Website dan blog adalah komponen yang tak bisa diremehkan untuk menguatkan pemasaran online. Untuk menghidupkan website, tentu dibutuhkan konten blog berupa artikel atau copywriting.

Dari situ, pemilik website membutuhkan tenaga penulis blog atau blogger. Beberapa merekrut penulis freelance dan beberapa memilih bekerja sama dengan penyedia jasa blogger. Nah di sini kamu bisa memilih peran apakah sebagai freelance yang mengirimkan tulisan-tulisanmu ke blog milik suatu perusahaan. Atau, mendirikan bisnis jasa tulis blog sekalian lengkap dengan tim dan sistem manajemen yang kamu bentuk.

Ga harus membentuk tim yang besar di awal-awal. Punya dua teman untuk menjalankan usaha ini dengan prinsip bagi hasil sudah cukup untuk memulai. Selama punya minat yang sama di bidang blogging dan tulis-menulis. Nah setelah itu, kamu tawarkan jasa-jasamu ke perusahaan yang mengelola website.

Baca juga: 6 Keunggulan Berjualan Tiket sebagai Subagen

Itulah 4 bidang bisnis yang cocok di tahun 2018 ini. Semuanya mengandalkan kemajuan Teknologi Informasi yang sebetulnya tiap hari sudah kita nikmati. Bisnis bisa dijalankan dengan bantuan internet. Kamu bisa melakukan cara dapat uang dari internet dan jualan online.

Salah satu modal pokoknya adalah smartphone dan koneksi internet yang mungkin sudah kamu gunakan sehari-hari. Selanjutnya tinggal bagaimana kita memanfaatkannya untuk berbisnis dan produktif. Jadilah generasi produktif juga, jangan konsumtif terus. Semoga artikel ini bermanfaat dan menginspirasi untuk segera membuka bisnis masa kini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

6 Keunggulan Berjualan Tiket sebagai Subagen

Jangan Bawa Benda-Benda Ini di Kabin Pesawat!

7 Ide Inovatif untuk Bisnis Agen Travel di Tahun 2020