Jangan Bawa Benda-Benda Ini di Kabin Pesawat!

Tidak semua jenis benda bisa kita bawa untuk memasuki kabin pesawat. Apa saja benda yang tidak boleh dibawa ke kabin pesawat?

barang yang tidak boleh dibawa ke kabin pesawat
Inilah beberapa benda yang tidak boleh dibawa masuk ke kabin pesawat (freepik)

Kamu sebagai pelaku bisnis tiket pesawat perlu tahu segala aturan dan larangan yang berlaku di bandara dan di kabin pesawat. Ini adalah pengetahuan penting agar nantinya bisa kamu informasikan ke calon penumpang yang menggunakan jasa reservasi tiket pesawatmu. Sehingga, mereka bisa melakukan perjalanan udara dengan lancar.

Aturan di bandara dan kabin pesawat memang diberlakukan secara ketat. Pemeriksaan pun diterapkan secara berlapis. Apalagi, bandara kini seolah menjadi gerbang utama untuk mengamankan suatu wilayah dari ancaman aksi terorisme dan penularan penyakit.

Sebelum masuk pesawat, calon penumpang harus melalui beberapa kali pemeriksaan. Beberapa hal yang diperiksa antara lain bukti pembayaran tiket pesawat dengan menunjukkan e-ticket saat check in, identitas calon penumpang yang ditunjukkan dengan KTP, lalu barang-barang bawaan yang diperiksa dengan mesin X-ray.

Penumpang biasanya membawa beberapa benda keperluannya untuk dibawa ke tempat tujuan. Demi keamanan dan kenyamanan selama perjalanan udara, maka benda-benda tersebut juga dikenakan berbagai larangan yang ketat sebelum calon penumpang memasuki kabin pesawat. Lalu, benda apa saja yang dilarang masuk ke kabin pesawat?

1. Senjata Tajam dan Senjata Api

Tak perlu ditanya lagi kenapa benda ini dilarang masuk ke kabin pesawat, sudah pasti karena berbahaya. Ini untuk menghindari tindakan kejahatan di kabin pesawat yang mengancam nyawa. Bukan cuma senjata seperti golok atau senapan saja yang dilarang, tetapi juga benda-benda kecil yang biasa kita pakai seperti gunting, pisau cukur, dan korek api.

2. Bahan Kimia yang Mudah Meledak

Bahan kimia apapun yang mudah meledak dilarang keras masuk ke dalam kabin pesawat. Bahkan, dimasukkan ke bagasi pesawat pun tidak boleh. Larangan ini diberlakukan demi keselamatan selama perjalanan udara.

Benda-benda kimia tertentu bisa meledak karena adanya tekanan atau suhu tertentu. Apalagi tekanan dan suhu di dalam pesawat tidak menentu selama penerbangan.

3. Makanan Berbau Tajam

Benda berupa makanan atau apapun yang berbau tajam tidak boleh dibawa ke kabin. Bukan demi keamanan, tetapi larangan ini berlaku demi kenyamanan penumpang lain selama penerbangan. Benda yang dimaksud ini misalnya durian, teri, dan terasi. Kalau ada barang bawaan di kabin yang berbau tajam, tentu penumpang yang lain bisa terganggu dengan baunya.

4. Cairan dalam Kemasan Botol Kaca

Untuk membawa benda cair ke kabin juga ada aturannya. Cairan dalam kemasan botol kaca seperti kecap, sirup, saus, madu, parfum, dan sebagainya dilarang masuk ke kabin. Namun ada kelonggaran untuk parfum atau kosmetik tertentu selama isinya tidak lebih dari 100 ml.

Meski ada kelonggaran seperti itu, lebih baik barang-barang tersebut dikemas sedemikian rupa agar tidak pecah dan bocor karena tekanan atau turbulensi saat penerbangan.

5. Kaleng dan Botol yang Mengandung Gas

Benda seperti cat semprot, parfum dengan picu yang mengandung gas, dan botol yang mengandung gas lainnya dilarang juga untuk masuk ke dalam kabin pesawat. Alasannya, barang-barang ini berpotensi meledak saat terkena tekanan tinggi.

Baca juga: Resolusi Tahun 2018 Untuk Punya Penghasilan Tambahan 

Itulah beberapa barang yang dilarang masuk ke kabin pesawat. Dengan adanya pemeriksaan X-ray dan petugas yang cermat, barang-barang tersebut tidak akan lolos sampai lounge bandara, apalagi kabin pesawat. Simpan informasi ini siapa tahu berguna untuk disampaikan ke pelangganmu agar perjalanan udara mereka lancar, tanpa kendala.

Sumber: Blog Selamanya.Id

Komentar

Postingan populer dari blog ini

6 Keunggulan Berjualan Tiket sebagai Subagen

7 Ide Inovatif untuk Bisnis Agen Travel di Tahun 2020