7 Ide Inovatif untuk Bisnis Agen Travel di Tahun 2020

Ide Inovatif untuk Bisnis Agen Travel

Dengan meningkatnya sektor pariwisata hampir di seluruh dunia, industri travel menjadi semakin kompetitif. Apalagi untuk bisnis di bidang agen travel yang semakin bersaing dengan berbagai situs booking online. Agar bisnis agen travel bisa menghasilkan keuntungan yang cukup untuk mempertahan bisnis, penting untuk mencari pasar khusus.

Salah satu cara paling efektif untuk mencari pasar khusus adalah dengan berfokus pada niche yang inovatif dan masih jarang digunakan oleh agen travel lain. Niche khusus yang ditargetkan ke pasar yang tepat akan menghasilkan pendapatan yang signifikan.

Jika kamu belum tahu niche apa yang cocok diterapkan ke bisnis agen travel milikmu, berikut beberapa contoh ide inovatif yang bisa kamu terapkan.

1. Destination wedding

Menikah di luar kota atau luar pulau dengan lokasi yang indah dan intim sedang menjadi tren akhir-akhir ini. Kamu bisa memanfaatkannya dengan mencari tempat-tempat favorit yang bagus untuk lokasi pernikahan. Kamu juga perlu memperhatikan penginapannya, karena paling sedikit akan ada 50 tamu pernikahan yang akan diundang.

2. Paket honeymoon

Kamu bisa memfokuskan diri untuk menyediakan paket bulan madu ke berbagai tujuan dengan berbagai tema. Targetkan penawaran ke pasangan-pasangan yang baru bertunangan atau menikah dan wujudkan bulan madu impian mereka.

3. Bleisure

Bleisure adalah tipe perjalanan yang menggabungkan business dan leisure. Istilah bleisure saat ini sedang populer apalagi bagi karyawan dan juga pengusaha. Perjalanan ini akan meningkatkan semangat kerja karyawan dan membuat mereka tetap antusias dengan pekerjaan mereka, tanpa harus mengambil waktu liburan tambahan. Tipe perjalanan ini sangat ideal untuk direncanakan melalui agen travel, jadi kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini.

4. Perjalanan bucket list

Kamu bisa membantu klien untuk merencanakan perjalanan impian mereka melalui bucket list (daftar pengalaman perjalanan yang harus dilakukan setidaknya sekali seumur hidup). Daftar tujuan bisa berupa destinasi-destinasi yang ingin dikunjungi atau berupa aktivitas-aktivitas seperti skydiving, snorkeling, atau berenang dengan lumba-lumba.

Memilih ide ini kamu perlu bersiap-siap menghadapi klien yang bersedia menghabiskan banyak uang. Tetapi mereka tentu berharap akan mendapatkan pengalaman yang benar-benar menakjubkan.

Baca juga: 4 Cara Jitu Promosi Bisnis Tiket Secara Online

5. Wisata petualangan

Wisata jenis ini menjadi pilihan yang sering dicari oleh generasi terbaru para traveler. Wisata petualangan biasanya termasuk olahraga ekstrim yang memacu adrenalin seperti scuba diving, trekking, panjat tebing, arung jeram, dan masih banyak lagi. Sebagai agen travel kamu bisa menyediakan jasa untuk mencarikan destinasi, transportasi, dan akomodasi yang tepat untuk petualangan-petualangan seru tersebut.

6. Voluntourism

Voluntourism merupakan tipe perjalanan yang menggabungkan aspek relawan (volunteer) dan pariwisata (tourism). Voluntourism merupakan kegiatan wisata yang agenda utamanya adalah aktivitas sosial dan menebar kebaikan seperti ikut mengajar, membersihkan lingkungan, membantu pembangunan, dan lain sebagainya.

Tipe perjalanan ini adalah opsi yang cukup populer untuk traveler dari segala usia dan latar belakang. Namun voluntourism berbeda dengan aktivitas sosial biasa, karena pengalaman para traveler masih yang paling diutamakan.

7. Wisata spiritual

Tipe perjalanan yang satu ini cukup berkembang pesat. Wisata spiritual dapat membantu para traveler menemukan kedamaian batin dalam perjalanan mereka. Kamu bisa mengkhususkan agen travel milikmu untuk mengatur tur ke tempat-tempat spiritual seperti kuil, candi, masjid, katedral, atau lainnya. Kamu juga bisa menambahkan agenda kelas yoga atau meditasi ke dalam paket wisata yang ditawarkan ke calon traveler.

Itulah beberapa ide inovatif yang bisa diterapkan untuk bisnis agen travel milikmu agar bisa menghasilkan lebih banyak uang. Namun ingat, kamu harus sering melakukan riset dan mencari tahu semua hal yang berkaitan dengan niche yang kamu pilih. Dengan demikian, setiap klien akan mendapatkan pengalaman perjalanan yang menyenangkan dan sulit mereka lupakan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

6 Keunggulan Berjualan Tiket sebagai Subagen

Jangan Bawa Benda-Benda Ini di Kabin Pesawat!