Bisnis Tiket Pesawat Online Gratis: Tips Memulai dan Menjalankan

Kalau ingin berbisnis di bidang reservasi tiket, kamu bisa memulai bisnis tiket pesawat online gratis. Inilah tips untuk bisa membuka bisnis reservasi tiket secara gratis.

bisnis tiket pesawat online gratis
Kini kamu bisa mulai bisnis tiket pesawat online gratis (freepik.com)


Kini kamu bisa memulai bisnis tiket pesawat online gratis. Bagaimana caranya? Mendaftar di website travel agent terpercaya yang menyediakan syarat registrasi subagen gratis. Apakah yang seperti itu ada? Ada kok. Coba kamu cari website dari Google. Ketikkan kata kunci travel agent. Lalu, asal klik saja link yang ada di paling atas.

Klik daftar dan isi data dirimu. Submit dan tunggu email balasan. Masukkan kode verifikasi. Tunggu email balasan lagi. Di email yang kedua, kamu mendapatkan username dan password untuk log in ke sistem reservasi yang disediakan oleh pihak travel agent.

Loh, ga bayar biaya daftar agen? Kalau kamu sudah berhasil login dengan username dan password, artinya kamu tak perlu membayar. Selamat, kamu sudah memiliki bisnis tiket pesawat gratis.

Kamu bisa segera melakukan booking hingga pembayaran (issued) tiket pesawat. Tapi perhatikan dulu ya depositnya. Sistem reservasi online biasanya memang menggunakan sistem deposit. Maka, member travel agent yang hendak membeli atau menjual tiket harus mengisi atau top up deposit.

Deposit bisa dilakukan dengan transfer, baik di ATM maupun layanan internet banking. Cukup ikuti prosedur pembayaran deposit yang informasinya disediakan di dalam sistem.


Modalnya Gadget Saja

Begitulah kemudahan mendaftar member travel agent agar bisa mulai bisnis tiket online gratis. Selama kamu punya aset utama berupa smartphone, laptop, tablet, atau PC beserta koneksi internet, kamu bisa memulai bisnis tanpa modal, termasuk bisnis tiket.


Pemasaran bisnis tiket online gratis

Pemasaran bisnis tiket pesawat bisa dilakukan secara gratis dengan menggunakan platform-platform online. Misalnya media sosial dan email. Kamu tentu bisa membuat akun media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram secara gratis.

Begitu kamu membuat akun khusus bisnis tiket pesawat online gratis, kamu bisa memposting konten promosi. Untuk awalan, buat dulu postingan dengan maksud memperkenalkan bisnis tiket online. Bisa juga postingan itu kamu tag ke teman-teman kamu. Bisa juga membuat fanpage Facebook. Kamu kenalkan bisnismu dan invite teman-temanmu untuk klik Like fanpage itu.

Kamu bisa juga menggunakan strategi email marketing secara berkala. Buatlah konten yang tidak melulu menawarkan jasa reservasi tiket. Tapi juga konten-konten yang mendidik dan memberikan pengetahuan baru kepada pembaca. Misalnya tentang traveling, peraturan di bandara, dan sebagainya.


Manfaatkan Transaksi Tiket secara Online

Bisnis tiket online gratis bisa kamu terapkan dengan memanfaatkan transaksi tiket secara online. Kalau ada pesanan, segera login sistem reservasi online. Lakukan booking tiket pesawat atau kereta sesuai waktu keberangkatan dan rute yang dipesan.

Gunakan internet banking untuk melakukan transfer agar deposit terisi. Deposit kalau masih nol atau jumlahnya di bawah tiket yang dipesan, tentu issued belum bisa dilakukan. Setelah deposit terisi, kamu baru bisa melakukan pembayaran atau issued tiket. Sebagai subagen atau member, kamu bisa memilih pembayaran yang lebih murah daripada harga tiket untuk penumpang biasa.

Jadi, kamu bisa menerima uang calon penumpang yang membayar tiket dengan harga penumpang biasa. Sementara kamu issued dengan harga agen yang lebih murah. Di situlah kamu bisa mendapatkan keuntungan atau komisi agen.

Setelah issued atau pembayaran, kamu akan mendapat kiriman e-ticket. E-ticket merupakan tiket dalam bentuk elektronik atau digital. Nah, e-ticket yang berbentuk digital ini lebih mudah untuk diserahkan kepada calon penumpang.


Berikan E-Ticket secara Online

Manfaatkan email atau aplikasi chatting seperti Whatsapp atau Telegram untuk mengirimkan e-ticket tersebut kepada penumpang. Jangan lupa, pastikan calon penumpang bisa membuka dan membaca file e-ticket yang baru saja kamu kirimkan demi kelancaraan check-in.

Jangan Bawa Benda-Benda Ini di Kabin Pesawat!

Begitulah tips memulai bisnis tiket pesawat online gratis dari tahap mendaftar sampai menjalankannya. Semoga tulisan ini membantumu untuk meraih kesuksesan. Selamat berbisnis.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

6 Keunggulan Berjualan Tiket sebagai Subagen

7 Ide Inovatif untuk Bisnis Agen Travel di Tahun 2020

Jangan Bawa Benda-Benda Ini di Kabin Pesawat!