Mau Berbisnis Tiket Pesawat? Manfaatkan 5 Sumber Belajar Bisnis Ini

Memulai bisnis tiket pesawat tak hanya dimulai dengan modal berupa materi, tapi juga nonmateri berupa pengetahuan.

Sumber penting untuk belajar bisnis tiket pesawat (freepik.com)

Memulai usaha apapun tentu ada ilmunya, begitu pula bisnis tiket pesawat. Ada beberapa hal yang harus diketahui oleh pelaku bisnis agar menjadi lebih profesional dan usahanya lebih terpercaya. Sebagai pengusaha tentu juga perlu berusaha bagaimana memberikan solusi kepada konsumen.

Kalau berkaitan dengan bisnis jasa reservasi tiket, tentu solusi yang diberikan adalah memberi pelayanan reservasi untuk membantu konsumen yang akan melakukan perjalanan dengan pesawat. Tetapi terkait reservasi tiket ada beberapa istilah yang harus dimengerti oleh pelaku usaha reservasi tiket. Misalnya booking, issued, void, dan sebagainya.

Bukan hanya soal istilah saja, tapi juga berbagai cara seperti cara upgrade, cara top up, cara menggunakan tiket elektronik, dan sebagainya. Mau tak mau, tentunya pelaku bisnis tiket harus mengerti hal-hal tersebut sebagai modal pengetahuan. Baca juga Cara Praktis Bisnis Jual Tiket Pesawat Bagi Pemula.

Sebelum memulai usaha jasa reservasi tiket, sebagian memang ada yang memiliki latar belakang pendidikan di bidang pariwisata dan industri penerbangan. Jadi, ilmu yang mereka dapatkan cukup matang. Ada pula yang melalui kursus di bidang reservasi tiket beberapa bulan.

Meski begitu, bukan berarti yang tidak memiliki latar belakang pendidikan seperti itu tidak mampu belajar ilmu-ilmu seputar reservasi tiket pesawat. Lalu sumber belajar apa sajakah terkait bisnis tiket pesawat yang bisa dimanfaatkan? Simak penjelasan di bawah ini ya.

1. Di Internet

Internet menyajikan banyak sekali informasi. Ada yang bermanfaat, ada pula yang kurang bermanfaat. Untuk usaha jual tiket pesawat, tentu yang kamu butuhkan adalah informasi bermanfaat seputar reservasi tiket pesawat, berita maskapai penerbangan terkini, dan regulasi terkait industri penerbangan.

Ada berbagai platform yang bisa kamu manfaatkan, seperti website blog yang khusus memberikan informasi tentang tips menjalankan bisnis tour and travel. Kamu bisa juga mencoba join group di media sosial dan forum yang terfokus membahas bisnis tiket pesawat.

Beberapa grup atau forum memang diinisiasi atau disupport oleh travel agent tertentu. Tapi tak ada salahnya untuk mencoba gabung untuk belajar dunia reservasi tiket sekaligus mengenal kelebihan dan kekurangan travel agent terkait.

2. Sales Travel Agent

Sales travel agent yang dimaksud di sini adalah sales yang menawarkan kesempatan keagenan ke masyarakat. Mereka biasanya menawarkan sistem online travel agent untuk bisa dimanfaatkan secara luas sebagai kerja sama di bidang travel. Biasanya, para sales langsung menyasar ke agen travel yang sudah ada.

Mereka juga siap untuk diajak bertemu selama kamu punya kontak mereka yang bisa kamu dapatkan di salah satu website travel agent. Dengan begitu, kamu bisa menyimak langsung cara kerja subagen travel, hitungan komisi, sampai cara pakai sistem online travel agent yang mereka kembangkan.

Kadang, mereka juga datang ke berbagai daerah untuk mengenalkan sistem online travel agent yang mereka kembangkan. Tentunya sudah diinfokan sebelumnya melalui website dan media sosial perusahaan kalau mereka sedang ke berbagai daerah berikut jadwalnya.

Hal itu tentu bisa dimanfaatkan olehmu yang ingin mengembangkan bisnis tiket pesawat. Nantikan jadwal mereka datang ke kotamu dan hubungi mereka untuk menjumpaimu dan mengenalkan cara memulai dan menjalankan bisnis jual tiket dengan sistem reservasi mereka.

3. Tutorial Sistem Online Travel Agent

Tutorial ini bisa kamu temui saat kamu sudah menjadi subagen travel di salah satu agen travel penyedia keagenan terakreditasi. Dengan adanya tutorial tersebut, kamu bisa belajar singkat tentang cara pakai sistem reservasi yang bisa kamu akses sebagai subagen. Ingin tahu tips mulai bisnis tiket? Yuk, baca artikel tentang Tips Mulai dan Menjalankan Bisnis Reservasi Tiket ini.

4. Tim Helpdesk

Tim Helpdesk adalah tim yang siap menerima telepon untuk membantumu menyelesaikan permasalahan terkait sistem reservasi tiket online dan kendala booking. Kamu bisa menghubungi mereka ketika sudah menjadi subagen travel dan login ke sistem reservasi yang dikembangkan travel agent tempatmu mendaftar.

Travel agent memiliki tim helpdesk untuk membantu para subagen dalam melakukan reservasi tiket jika ada kendala. Jika tutorial yang disediakan belum cukup memberikan informasi yang memuaskan, kamu juga bisa menghubungi Tim Helpdesk untuk tanya-tanya lebih lanjut. Mereka siap menerima panggilan dalam 24/7 atau 24 jam, 7 hari.

5. Dari Pengalaman Sendiri

Sumber belajar yang terakhir adalah pengalaman pribadimu dalam menjalankan usaha jualan tiket pesawat. Jadi mau tak mau, istilahnya kamu harus terjun ke lapangan dulu menjadi subagen tiket pesawat. Biasanya, ilmu atau pengetahuan bisa kita pahami dengan baik kalau kita terjun ke kerja-kerja praktik. Baca artikel terkait tentang Keunggulan Berjualan Tiket sebagai Subagen.

Dengan praktik usaha reservasi tiket sambil belajar, kamu bisa belajar dari transaksi ke transaksi dan kasus ke kasus yang punya keunikan masing-masing. Bagaimana pun, tak semua transaksi akan sama sifatnya. Tergantung perilaku setiap pelanggan, momen tertentu, promo, dan sebagainya. Jadi kamu bisa belajar sambil menjalankan bisnis ini, sekaligus merasakan manfaatnya.

Itulah 5 sumber belajar tentang bisnis tiket yang bisa kamu manfaatkan untuk menguatkan modal pengetahuan. Bagaimanapun, pengetahuan sebagai modal nonmaterial penting kamu miliki untuk menjadikanmu pelaku bisnis yang profesional dan terpercaya.

Dari kelima sumber belajar di atas, lebih disarankan untuk belajar dengan modal “learning by doing” atau dari pengalaman. Artinya, kamu perlu mendaftarkan diri sebagai subagen travel terlebih dahulu dengan mengunjungi travel agent penyedia keagenan terpercaya. Ikuti prosedur registrasi yang praktis, murah, bahkan ada yang gratis. Selamat berbisnis tiket. Semoga sukses.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

6 Keunggulan Berjualan Tiket sebagai Subagen

7 Ide Inovatif untuk Bisnis Agen Travel di Tahun 2020

Jangan Bawa Benda-Benda Ini di Kabin Pesawat!