Cara Menghindari Ribetnya Syarat Bisnis Agen Travel

Memulai Bisnis agen travel resmi memang perlu memenuhi beberapa syarat yang ribet.

bisnis agen travel
Pakailah cara praktis memulai bisnis agen travel (freepik.com)

Tapi kalau kamu tetap berminat memulai bisnis agen travel, ada kok cara yang tidak ribet.

Membuka usaha travel agent resmi perlu memenuhi syarat-syarat yang ribet. Harus punya modal besar dan waktu mendirikan yang tidak sebentar. Belum lagi nantinya perusahaan travel agent masih dibebani target penjualan oleh para mitra usaha, misalnya maskapai penerbangan.

Apakah sampai sini sudah terbayang bagaimana ribetnya memulai bisnis agen travel yang resmi? Kalau belum, simak rincian tentang syarat mendirikan travel agent resmi di bawah ini.

Harus Bermitra dengan Maskapai atau Penyedia Jasa Transportasi

Perusahaan agen travel tentu tidak lepas dari segala hal terkait transportasi. Transportasi umum yang sering diandalkan perusahaan travel adalah pesawat terbang dan kereta api. Maka, menjalin mitra secara resmi dengan beberapa maskapai penerbangan dan PT KAI menjadi suatu keharusan.  Baca juga: Bisnis Tiket Pesawat Online Terpercaya

Tetapi menjalin kemitraan dengan mereka tidaklah mudah alias ribet. Kamu harus membayarkan deposit minimum yang harganya bisa di atas 10 juta rupiah. Buatlah asumsi kalau kamu akan bermitra dengan 10 maskapai, maka kamu butuh modal untuk deposit setidaknya 100 juta rupiah. Mahal bukan?

Belum lagi kamu ditarget untuk memenuhi target penjualan tiket yang bisa sangat membebanimu. Pasti kewalahan, apalagi kalau memulai bisnis agen travel dengan modal dan jumlah tenaga yang sedikit.

Harus Berbadan Hukum, Biasanya Berbentuk PT

Travel agent yang terpercaya diharuskan memiliki status perusahaan yang berbadan hukum berbentuk PT. Proses pengajuan membentuk PT membutuhkan waktu yang tidak sebentar dan dana yang tidak sedikit.

Banyak syarat agen travel harus dipenuhi di antaranya menyiapkan Surat Keterangan Domisili Perusahaan (SKDP), Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) badan, Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) atau izin usaha lainnya, dan Tanda Daftar Perusahaan (TDP). Ribet kan?

Nah, sekarang bisa kamu bayangkan bagaimana ribetnya memenuhi syarat untuk memulai bisnis agen travel yang resmi dan terpercaya. Tapi kamu tetap bisa menjadi pengusaha travel karena ada cara menghindari ribetnya syarat mendirikan travel agent resmi. Bagaimana caranya? Yaitu dengan menjadi Subagen Travel. Artikel terkait: Keunggulan Jual Tiket sebagai Subagen.

Caranya dengan menjadi subagen travel. Dengan menjadi subagen travel, kamu bisa menjual tiket pesawat, kereta api, dan produk travel lainnya tanpa syarat yang ribet. Selain itu, kamu juga tidak usah keluar modal banyak-banyak.

Makanya, daftarkan dirimu sebagai subagen travel segera. Kamu bisa registrasi member di website penyedia keagenan bisnis agen travel resmi dan terakreditasi IATA yang ada. Kamu tinggal mengikuti prosedur registrasi yang ada pada website. Sebisa mungkin temukan travel agent penyedia keagenan gratis pada registrasi awal.

Dengan syarat pendaftaran yang gratis, artinya kamu bisa membuka usaha travel dengan modal 0 rupiah. Asalkan, kamu sudah punya aset utama berupa device beserta koneksi internet terlebih dahulu. Baik itu dalam bentuk smartphone atau laptop.

Bisa Mengakses Sistem Reservasi Online sebagai Subagen

Meski gratis, kamu bisa mendapatkan akses ke sistem reservasi online yang disediakan agen travel. Tapi kamu sudah bisa memulai menjual produk yang tersedia di dalam sistem, seperti tiket pesawat, kereta api, kamar hotel, dan sebagainya. Walau begitu, kamu belum bisa mendapatkan komisi secara penuh karena masih menggunakan paket yang gratis.

Dengan login ke sistem reservasi tersebut, kamu bisa melakukan reservasi tiket dari mencari tiket, booking, hingga issued tiket. Kalaupun ada kendala saat melakukan reservasi, kamu bisa menghubungi Tim Help Desk untuk membantu menyelesaikan masalah reservasimu. Kamu bisa menghubungi Help Desk dalam 24 jam 7 hari.

Kalau ingin komisi yang lebih besar, kamu bisa upgrade paket ke kelas di atasnya. Ada paket basic atau standar dengan harga upgrade sekitar Rp 300.000,00. Ada pula paket pro atau premium dengan harga upgrade sekitar Rp 3 juta. Tentu harga tersebut masih terjangkau. Mau tahu Cara Menghitung Komisi Penjualan Tiket Pesawat?

Nah itulah cara memulai bisnis agen travel tanpa memenuhi syarat-syarat yang ribet. Tak usah berlama-lama dan keluar modal besar untuk membuka usaha ini.

Berminat kan? Makanya, ayo segera daftarkan dirimu ke travel agent terpercaya hari ini juga. Lalu rasakanlah manfaat menjalankan usaha agen travel yang murah dan praktis. Semoga sukses.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

6 Keunggulan Berjualan Tiket sebagai Subagen

7 Ide Inovatif untuk Bisnis Agen Travel di Tahun 2020

Jangan Bawa Benda-Benda Ini di Kabin Pesawat!